|
e-Dutainment


Ingin Langsing di 2013? Itu Bukan Mimpi

2 Jan 2013



(MYIAW.com) Jakarta - Memiliki tubuh lebih langsing dan sehat menjadi salah satu resolusi beberapa orang. Untuk menjadi langsing memang tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Tapi yakinlah jika serius menjalaninya, maka langsing bukanlah mimpi.

Nah, bagaimana cara yang tepat agar tubuh langsing dan tetap bugar di 2013? "Menurunkan berat badan itu bukan sekadar mengurangi porsi makan, tetapi lebih pada upaya mengubah gaya hidup seseorang," ujar Haley Davidson R.N dan Departemen Kesehatan Clark County, AS, dalam kegiatan 'Shape Up! Clark County' seperti dikutip dari nemonews.net, Rabu (2/1/2013).

'Shape Up! Clark County', adalah kegiatan tahunan yang digelar dalam beberapa pekan dan merupakan acara tantangan penurunan berat badan. Meskipun banyak warga yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, namun ternyata banyak juga warga yang ingin menurunkan berat badan tanpa terlibat dalam kegiatan tersebut.

Davidson mengatakan menjadi langsing tidaklah sulit asalkan upaya untuk meraih tujuan itu dilakukan dengan konsisten. Karena itu sebelum membuat resolusi langsing atau apapun yang dilakukan adalah membuat tujuan yang realistis dan tidak sulit untuk dicapai.

"Dasar penurunan berat badan adalah makan dengan porsi lebih sedikit, banyak bergerak dan minum air yang banyak," sambung Davidson.

Alangkah baiknya jika Anda menulis apapun yang Anda makan. Dengan demikian Anda akan benar-benar tahu apa saja dan berapa banyak Anda makan. Dengan menulis makanan yang Anda makan, maka Anda tidak akan sembarangan mencomot kue dan brownies saat Anda duduk-duduk sambil mengobrol.

Davidson menyarankan agar tidak makan terlalu malam. Hal ini penting dalam memberikan waktu kepada tubuh untuk mencerna makanan sehingga saat tidur tidak kehilangan rasa nyaman. Selain itu jangan melewatkan sarapan karena kegiatan ini penting untuk membuat Anda tidak kelaparan sampai datangnya waktu makan siang.

Selain itu ketimbang makan makanan berat 3 kali dalam sehari, lebih baik makan 5 porsi kecil sepanjang hari. Misalnya jika Anda merasa lelah di petang hari, makanlah setangkup angggur atau sebutir apel. Di pertengahan pagi atau pertengahan siang, konsumsilah snack yang rendah gula dan tinggi protein.

"Kacang-kacangan adalah snack yang ideal karena merupakan kombinasi yang baik dari protein, serat, dan dan lemak sehat," sambung Davidson.

Jangan lupa minumlah air dalam jumlah cukup. Ingat, jangan gunakan minuman berenergi untuk menggantikan asupan air putih.

Menjaga pola makan saja tidak cukup untuk mewujudkan impian mendapatkan tubuh langsing. Yang harus juga dilakukan adalah menjalani program latihan untuk membakar kalori dan membuat tubuh semakin bugar.

Alokasikanlah waktu untuk menjalani sejumlah latihan. Upayakanlah setidaknya 20 menit untuk berolahraga untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan detak jantung.

"Berjalan-jalan setelah makan dapat membantu banyak, bukan hanya sekadar membakar kalori. Mayo Clinik memiliki studi yang menunjukkan latihan rungan setelah makan seperti jalan-jalan bisa menurunkan gula darah dan mencegah tubuh Anda menyimpan lemak," tutur Davidson.

Nah, berikut ini 10 tips dasar untuk menurunkan berat badan:

1. Cari tahu berapa banyak kalori yang Anda butuhkan.
2. Makanlah setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap hari.
3. Perhatikan porsi makan Anda.
4. Jangan lewatkan waktu makan.
5. Makanlah makanan yang segar dan sehat.
6. Jangan berlebihan.
7. Memahami label dan klaim dalam produk makanan.
8. Perhatikan minuman bergula.
9. Buatlah jurnal makanan.
10. Lakukan olahraga.


Follow us :







Berita Lainnya
Sponsor